Rabu, 10 April 2013

Cerita Dan Kisah Sukses Sang Pengusaha Bob Sadino

Kisah Sukses Pengusaha Bob Sadino mungkin telah didengar banyak orang. Nah, bagi Kawan Kerjayuk yang belum pernah mendengar kisah perjalanan hidupnya. Berikut Tim Kerjayuk sajikan sekilas tentang perjalanan hidup Bob Sadino sebelum akhirnya sukses menjadi salah satu wirausaha yang diperhitungkan di Indonesia.




Siapa yang tidak mengenal sosok Bob Sadino, pengusaha sukses kawakan yang biasa tampil apaadanya. Bahkan, ia biasa berpenampilan hanya dengan menggunakan celana pendek ini. Beliau merupakan seorang entrepreneur sejati yang memiliki berbagai cara yang cukup ‘gila’ untuk diterapkan dalam menjalankan usahanya. Namun, siapa sangka sebelum beliau sukses mendirikan perusahaan Kem Foods dan Kem Farms, ternyata beliau pernah mengalami kesulitan di dalam hidup yang sempat membuatnya depresi. Tetapi keadaan yang sulit tidak membuat beliau putus asa dalam menjalani kehidupan ini, justru dalam keadaan tersebut beliau melihat sebuah peluang usaha yang pada akhirnya menuntun beliau menjadi seorang pengusaha sukses di industri pengolahan daging dan perkebunan sayur.

Bob Sadino atau yang biasa dipanggil dengan om Bob lahir di lampung pada tanggal 9 Maret 1933, Bob Sadino lahir di keluarga yang cukup kaya pada waktu itu. Pada usia 19 tahun, orang tua Bob Sadino meninggal dan seluruh harta warisan orang tuanya diberikan kepada Bob sadino, kemudian dia menggunakan harta warisan tersebut untuk keliling dunia dan menetap di Belanda selama kurang lebih 9 tahun, disana dia bekerja Djakarta Lylod dan bertemu dengan Soelami Soejoed yang kelak akan menjadi pasangan hidupnya, setelah itu ia dipindahkan ke Hamburg, Jerman.

Pada tahun 1967, Bob Sadino bersama keluarganya kembali ke Indonesia dengan membawa 2 mobil Mercedes tahun 60-an miliknya yang kemudian dia gunakan sebagai modal untuk bertahan hidup di Indonesia. Bob kemudian menjual salah satu mobil Mercedes miliknya untuk membeli rumah di daerah Kemang, Jakarta Selatan dan mobil Mercedes lainnya dia gunakan untuk mencari nafkah dengan menjadi sopir, namun siapa yang menyangka suatu hari mobil yang ia gunakan untuk mencari nafkah rusak parah karena kecelakaan. Saat itu yang sama ia tidak memiliki uang untuk memperbaiki mobilnya. Walhasil, Bob Sadino bekerja sebagai kuli bangunan yang digaji sebesar Rp 100 /bulan.

Suatu ketika temannya memberikan pinjaman modal berupa 50 ekor ayam ras, inilah awal kebangkitan jiwa entrepreneur dari Bob Sadino. Dengan bermodalkan 50 ekor ayam tersebut ia mulai berjualan telur ayam yang dia ternakkan bersama istrinya kepada ekspatriat yang ada di wilayah kemang. Penjualan yang dia lakukan pun tidak seperti yang dilakukan orang – orang pada umumnya dia menambahkan sebuah “nilai” sederhana dengan memberikan setangkai bunga anggrek kepada setiap orang yang membeli telur ayamnya dan tentu saja proses tidak selalu berjalan dengan baik, banyak kejadian yang tidak menyenangkan yang dialami oleh Bob Sadino, namun hal ini ia jadikan sebagai pelajaran untuk lebih memperhatikan dan “mendengar” apa yang ingin disampaikan oleh konsumennya.

Kisah sukses Bob Sadino tak terhenti sampai disana. Dua tahun setelah dia pulang ke tanah air, tahun 1969 dia mendirikan sebuah supermarket yang diberi nama Kem Chick, dari sinilah kisah sukses Bob Sadino di mulai. Usai mendirikan supermarket Bob Sadino kemudian merambah ke unit bisnis yang lain yaitu mengelola perkebunan sayur dan bermitra dengan para petani. Tujuannya untuk menyuplai sayuran tersebut ke supermarket yang ia miliki.

Dari pengalaman dan kisah sukses dirinya sebagai seorang pengusaha, ia selalu mengatakan bahwa untuk memulai sebuah usaha, modal utamanya adalah “Berani mengambil tindakan” karena jika Anda terlalu banyak berpikir, kepala Anda akan dipenuhi dengan resiko – resiko yang akan Anda terima kemudian. Disaat yang samapun akan timbul keraguan yang begitu besar yang akan menantang keyakinan dan hasrat Anda untuk sukses. Biasanya pada kondisi ini orang – orang akan terhenti untuk melnjutkan langkahnya dan cenderung mundur.

Semoga dengan membaca kisah sukses pengusaha Bob Sadino, hasrat atau keyakinan Anda akan semakin besar dan langsung mengambil tindakan yang nyata untuk memulai usaha yang Anda impikan. Percayalah, tanpa sebuah tindakan tidak ada satu pun yang dapat Anda capai. Akhir kata kami mengutip sebuah peribahasa sederhana yang mungkin sudah sering Anda dengar namun hal sederhana ini seringkali terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Tips And Tricks|Latest Tips For Bloggers Free Backlinks

Posting Terpopuler di Minggu ini