Rabu, 08 Mei 2013

Google Persembahkan Doodle Untuk Desainer Legendaris Saul Bass

Liputan6.com, Jakarta : Google kembali mempersembahkan doodle kreatif hari ini, Rabu (8/5/2013). Doodle dalam bentuk video kali ini dibuat sebagai apresiasi untuk desainer grafis legendaris, Saul Bass.

Saul Bass dikenal sebagai desainer untuk animasi untuk pembuka film, poster film, dan logo korporat. Karena itu doodle dalam bentuk video ini seperti menggambarkan pembuka dalam sebuah film, terutama dari tahun '60 dan '70an.

Selama 40 tahun karirnya sebagai desainer grafis, Saul Bass telah bekerja sama dengan sutradara terkenal seperti Alfred Hitchcock, Stanley Kubrick, juga Martin Scorcese. Sejumlah film terkenal pun pernah mendapat sentuhan kreatif pria yang meninggal dunia di Los Angeles pada 1996.

Karena itu jika diperhatikan, doodle itu seperti menjadi potongan portofolio dari desain besutan Saul Bass. Sejumlah film yang terlihat di doodle antara lain "Vertigo", "The Man With the Golden Arm", "Spartacus", "North by Northwest", juga "Anatomy of a Murder".

Dilansir dari laman Guardian, Saul Bass merupakan anak yang dilahirkan dari keluarga imigran di Bronx, New York, 8 Mei 1920. Karirnya bermula di bidang iklan pada tahun '40an. Masuknya Saul ke industri film berkat Otto Preminger yang merekrutnya untuk mendesain film "Carmen Jones" pada 1954.

Namanya kemudian melejit sebagai desainer papan atas. Sejumlah sutradara terkenal dan studio film ingin menggunakan tangan kreatifnya. Alfred Hitchcock termasuk salah satu penggemar Saul Bass, yang bahkan karyanya dipakai di tiga film monumental Hitchcock, seperti "North by Northwest", "Vertigo", juga "Psycho".

Tak hanya aktif di film, Saul Bass juga membuat sejumlah logo perusahaan raksasa dunia. Misalnya saja, logo AT&T Corporation (1969 dan 1983), Japan Energy Corporation (1993), United Airlines (1974), US Postage (1983), dan Minolta (1978). (gal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Tips And Tricks|Latest Tips For Bloggers Free Backlinks

Posting Terpopuler di Minggu ini